Powered By Blogger

Inilah Bahaya Akibat Kurang Tidur



Assalamualaikum, para pembaca blogger, kali ini saya akan memberikan sedikit info mengenai Bahaya Akibat kurang tidur. Kalian pasti sering begadang karena kerja tugas atau mungkin yang lainnya, kalo saya sih begadang karena main GAMES (hehe, curhat dikit).
Kurang tidur akan menyebabkan peningkatan hormon stres dalam tubuh. Ini memengaruhi kesehatan secara keseluruhan, termasuk pada jantung. Hormon stres dapat merusak pembuluh darah, yang akan menyebabkan tekanan darah tinggi. Nah apa saja bahaya akibat seseorang kurang tidur??

Bahaya Akibat Kurang Tidur ( Bobok ) :


1. Ingatan yang Buruk

Kurang tidur akan membuat Anda menjadi pelupa dan ini sangat memalukan. Ketika tidur sebenarnya otak bekerja untuk mengingat, menyimpan memori dan mengolah data yang didapatkan dari syaraf kecil pada saat masih sadar. Jadi ketika kurang tidur maka otak Anda tidak mengumpulkan data dan menyimpan memori dengan benar. Dampaknya maka Anda menjadi pelupa dan kurang bersemangat. Kerja rangsangan sinyal pendek pada otak memiliki peran yang penting dalam fungsi ingatan pada otak.

2. Mudah Marah atau Emosi Tidak Stabil

Kurang tidur memang bisa membuat otak mengalami penurunan fungsi. Namun salah satu efek yang kurang menyenangkan dari terganggunya fungsi otak adalah menjadi lebih mudah marah dan emosi yang tidak stabil. Bahkan kondisi ini akan membuat gangguan untuk hubungan sosial terutama untuk remaja dan orang dewasa. Karena tekanan emosi yang tidak stabil maka bisa membuat suasana hati menjadi tidak menyenangkan.

3.Tekanan Darah Tinggi

Jika tubuh selalu kurang tidur maka bisa menyebabkan hipertensi atau penyakit tekanan darah tinggi. Hal ini bisa disebabkan karena tidur memang bisa menetralkan sistem pembuluh darah dan kerja jantung menjadi lebih maksimal. Namun ketika tidur tidak cukup selama terus menerus maka tekanan darah tinggi terjadi karena pembuluh darah tidak bisa bekerja dengan baik. Akibatnya bisa sangat berbahaya untuk orang yang memang sudah menderita tekanan darah tinggi.

4. Kekebalan Tubuh Rendah

Ketika tubuh sedang tidur sebenarnya tetap bekerja namun tidak bisa kita sadari sepenuhnya. Tubuh saat tidur tetap memproduksi sitokin dan antibodi yang bisa melawan infeksi. Jadi zat ini akan melindungi tubuh dari serangan bakteri dan virus terutama ketika bakteri dan virus melawan antibodi saat tidur. Jadi tidur yang kurang akan membuat tubuh tidak memiliki sitokin dan akibatnya maka tubuh akan terlihat sangat lemah, lelah dan tidak memiliki sistem kekebalan yang baik.

5. flu / Influenza

Influenza merupakan jenis penyakit yang disebabkan karena tubuh terinfeksi oleh virus. Jika Anda memiliki kebiasaan kurang tidur maka bisa menyebabkan resiko ini sangat tinggi. Kondisi ini disebabkan karena tubuh tidak memiliki sistem kekebalan tubuh yang baik. Akibatnya maka tubuh menjadi lebih lemah dan kurang produktif. Gejala influenza biasanya langsung terasa ketika bangun tidur dan akan lebih buruk jika tidak mendapatkan perawatan dan istirahat yang cukup.

6. Depresi

Kurang tidur karena berbagai sebab juga bisa menyebabkan depresi yang sangat berat. Hal ini paling sering terjadi pada orang yang memiliki kebiasan hanya tidur selama kurang dari enam jam perhari. Gejala yang paling sering di temukan adalah seperti rasa cemas berlebihan, menjadi lebih sensitive, mudah tersinggung dan kondisi badan yang kurang sehat. Depresi bisa menyebabkan berbagai jenis penyakit termasuk jantung dan kanker.

7. Penampilan Kulit yang Buruk

Kulit menjadi salah satu cara untuk mengukur kesehatan tubuh. orang yang memiliki kebiasaan tidak tidur cukup maka cenderung memiliki penampilan kulit yang kurang cerah, pucat, loyo, keriput dan muncul garis halus. Bagi wanita yang memiliki kebiasaan ini maka akan terlihat lingkaran bengkak pada bagian mata. Hal ini disebabkan karena tubuh mengeluarkan hormon stress yaitu kortisol yang lebih banyak. Kortisol yang terlalu banyak bisa merusak kolagen sehingga menyebabkan kulit menjadi tidak kenyal dan elastis.

8. Menghambat Pertumbuhan

Bayi yang baru dilahirkan memiliki kebutuhan tidur yang lebih banyak, kemudian akan  berkurang sesuai dengan penambahan umur. Sebenarnya ketika tidur maka proses metabolisme untuk pertumbuhan sedang berjalan tanpa kita sadari. Akibatnya jika kurang tidur maka tubuh akan mengeluarkan hormon pertumbuhan yang sangat sedikit. Kondisi ini kemudian akan menyebabkan masa otot yang lemah, tulang yang kurang kuat dan kulit yang tidak elastis. Bahkan juga bisa menyebabkan kerusakan jaringan tubuh diberbagai titik tubuh.

9. Gangguan Kemampuan Belajar

Bagi pelajar dan mahasiswa atau semua orang yang menjalankan sedang menjalani program studi maka kurang tidur bisa menyebabkan kurangnya kemampuan kognitif. Hal ini disebabkan karena kurang tidur akan membuat otak kurang konsentrasi, tidak bisa memiliki ingatan yang baik, tidak bisa menggunakan nalar dengan baik dan sulit untuk menemukan solusi masalah. Bagi orang yang sedang menjalani studi maka akibatnya bisa sangat komplek seperti penundaan kelulusan dan penurunan prestasi. Tidur bisa membuat otak mengalami proses yang menyenangkan seperti meningkatkan kekuatan ingatan dan menyimpan memori.

10. Kecelakaan Lalu Lintas

Mengantuk karena kurang tidur sering menjadi salah satu masalah penyebab kecelakaan lalu lintas. Masalah ini sering kita jumpai seperti pada kendaraan umum atau kendaraan pribadi. Mengantuk saat menyetir biasanya memberikan efek halusinasi, terbang dan perasaan was-was yang sangat rendah.Dampaknya bisa sangat besar karena membahayakan nyawa diri sendiri dan orang lain sesame pengguna jalan. Jadi pastikan Anda tidur cukup sebelum menyetir jarak jauh maupun jarak dekat.

11. Resiko Pikun

Saat kita tidur sebenarnya otak tetap bekerja untuk mendapatkan energi yang baik. Sistem dalam otak akan bekerja untuk mengingat memori sebelumnya, menyimpan berbagai ingatan dan merangsang stimulasi otak yang baik. Namun jika tidur tidak cukup maka otak tidak bisa melakukan fungsi ini. Akibatnya maka ingatan akan melemah dan kemampuan kognitif lain juga ikut terpengaruh. Resiko pikun paling sering terjadi dengan ditandai seperti sering lupa dan sulit untuk konsentrasi.

Wahh... ternyata bahaya kalo kurang tidur, Semoga artikel ini membawa Berkah dan Manfaat. Wassalamualakum wr.wb.


- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan
EmoticonEmoticon