Powered By Blogger

5 Rukun Islam Beserta Penjelasan


Rukun Islam  – Perlu kalian ketahui sebagai seorang Muslim dan Muslimah, khususnya yg ada di Indonesia bahwa sangat penting sekali bagi kalian untuk mengetahui secara lebih detail tentang Perkara Rukun Islam dan Rukun Iman didalam Ajaran Agama Islam karena Rukun Islam itu sebagai Pondasi Wajib dan Rukun Iman itu sebagai Pilar – Pilar Keimanan yang harus dimiliki oleh setiap Muslim dan Muslimah dalam menjalani Kehidupan ini.

Pentingnya Rukun Islam dan Rukun Iman ini dapat diibaratkan jika sebuah Bangunan Rumah tidak mempunyai Pondasi Yang Kuat dan Kokoh maka sangat mudah sekali Roboh (Rusak) jika terkena Goncangan baik itu Gempa, Angin dan Hujan Badai. Hal tersebut sama saja dengan Seorang Muslim yang tidak dibekali dengan Rukun Islam dan Rukun Iman, maka ia akan dengan mudah jatuh dan terpuruk kedalam sesuatu yang buruk yang dapat menghancurkan dan menjerumuskan kehidupannya.

Kemudian untuk Pengertian Rukun Islam didalam Ajaran islam sendiri adalah Lima Tindakan Dasar didalam Islam sebagai Pondasi bagi setiap Muslim dan Muslimah diseluruh dunia, Rukun Islam tersebut merupakan dasar dari kehidupan setiap Muslim. Urutan Lima Rukun Islam itu antara lain membaca Dua Kalimat Syahadat, Yang Kedua Mengerjakan Shalat Wajib 5 Waktu, Yang Ketiga Membayar Zakat, Yang Keempat mengerjakan Puasa di Bulan Ramadhan dan Yang Kelima Berangkat Haji jika mampu.

Pembahasan tentang 5 Macam Rukun Islam didalam Islam adalah Syahadat dan Pengertian Syahadat sendiri ialah Dua Kalimat dalam Bahasa Arab yang terdiri dari Syahadah At Tauhid (Asyhadu ‘Al Laa ilaaha il lallaah) dan Syahadah Ar Rasul (Wa Asyhadu anna Muhammadar Rasulullah). Makna Kedua Kalimat Syahadat tersebut ialah sebagai sebuah pernyataan kepercayaan dan pengakuan akan keesaan Allah SWT bahwa tidak ada Tuhan selain Allah SWT dan percaya bahwa Nabi Muhammad SAW sebagai Rasul Allah SWT.
  • Rukun Islam Yang Pertama
Dua Kalimat Syahadat tersebut harus dibacakan oleh seseorang yang akan masuk Islam karena Syarat (Pintu) seseorang Masuk kedalam Agama Islam ialah dengan membaca 2 Kalimat Syahadat dan kita sebagai seorang Muslim Muslimah pun harus selalu mengamalkan Dua Kalimat Syahadat melalui perbuatan di kehidupan sehari – hari karena Syahadat sebagai Inti, Ruh dan Landasan seluruh Ajaran Islam.
  • Rukun Islam Kedua Shalat Fardhu Lima Waktu
Penjelasan Macam Rukun Islam Kedua ialah mengerjakan Shalat Wajib Lima Waktu disetiap harinya dan Shalat Wajib tersebut antara lain Shalat Subuh Dua Raka’at, Shalat Dhuhur Empat Raka’at, Shalat Asar Empat Raka’at, Shalat Maghrib Tiga Raka’at dan Shalat Isya Empat Raka’at. Lalu didalam Hukum Mengerjakan Shalat Fardhu ialah Wajib sehingga akan mendapatkan Pahala dan Keutamaan Shalat Wajib bagi mereka yang mengerjakan, dan akan mendapatkan Dosa Besar jika seorang Muslim Meninggalkan (tidak mengerjakan) Shalat Wajib Lima Waktu di Setiap Harinya.

Adapun untuk Perintah Mengerjakan Shalat Wajib dan Keutamaan Mengerjakan Shalat Wajib telah dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Al Ankabut Ayat 45 dan Firman Allah SWT didalam Surat Al Ankabut tersebut berbunyi, ” Bacalah apa yg sudah diwahyukan padamu yakni Al Qur’an dan kerjakanlah Shalat. Sesungguhnya Shalat itu dapat mencegah dari perbuatan2 keji dan mungkar. Dan sesungguhnya mengingat Allah (Shalat) ialah lebih besar Keutamaannya dari Ibadah – Ibadah yg lain dan Allah SWT mengetahui apa yg kamu kerjakan (QS. Al Ankabut Ayat : 45) ”.
  • Rukun Islam Ketiga Membayar Zakat
Ulasan Rukun Islam Yang Ketiga ialah Kewajiban Seorang Muslim untuk Berzakat dan Pengertian Zakat disini adalah Kewajiban menyisihkan Jenis Harta (Kekayaan) tertentu yang diberikan kepada sekelompok Orang Muslim yang termasuk kedalam Orang Yang Berhak Menerima Zakat dan diberikan diwaktu tertentu. Perintah Membayar Zakat sendiri telah dijelaskan didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 43 bahwa Allah SWT Berfirman yang berbunyi, ” Dan Dirikanlah (Kerjakanlah) Sholat, Tunaikanlah (Bayarlah) Zakat dan Ruku lah bersama Orang – Orang yang Ruku (QS. Al Baqarah, Ayat : 43) ”.

Adapun Didalam Zakat sendiri dibagi menjadi Dua Macam yakni Yang Pertama Zakat Fitrah yakni Zakat yang wajib dikeluarkan atau dibayarkan oleh seorang Muslim dan Muslimah saat Hari Raya Idul Fitri dan Batas membayar Zakat Fitrah ini ialah Sebelum Imam Shalat Mengerjakan Shalat Idul Fitri. Lalu Zakat Yang Kedua ialah Zakat Mall Yakni Zakat yang wajib dibayarkan oleh seorang Muslim dengan Hasil Pertambangan, Hasil Laut, Hasil Pertanian, Hasil Perniagaan, Hasil Ternak, Harga Temuan, Perak dan Emas dengan perhitungan sendiri – sendiri yang sudah sampai Nisab.
  • Rukun Islam Keempat Berpuasa Ramadhan
Untuk Pembahasan Rukun Islam Keempat ialah Berpuasa di Bulan Ramadhan yang dikerjakan di Bulan Ramadhan (Kalender Hijriah) dan Puasa di Bulan Ramadhan ini dilakukan dengan cara menahan diri dari segala yang membatalkan Puasa seperti Menahan Makan, Menahan Minum, Menahan Hawa Nafus dan Menahan yang termasuk kedalam Perkara Membatalkan Puasa Ramadhan.

Dan Waktu Puasa Ramadhan itu sendiri dimulai (Berpuasa) dari Terbitnya Fajar sampai terbenamnya Matahari (Masuk Waktu Shalat Maghrib) selama 30 Hari di Bulan Ramadhan (Kalender Islam). Adapun untuk Hukum Mengerjakan Puasa di Bulan Ramadhan ini sudah tentu Wajib dilakukan untuk semua Muslim dan Muslimah yang sudah termasuk kedalam Syarat Wajib Melakukan Puasa Ramadhan. Firman Allah SWT didalam Al Qur’an Surat Al Baqarah Ayat 183 yg berbunyi :

” Hai orang – orang yg beriman sdh diwajibkan kepadamu berpuasa sebagaimana sdh diwajibkan atas orang – orang sebelum km supaya km bertaqwa (QS. Al Baqarah, Ayat : 183) ”. Sehingga jika terdapat seorang Muslim dan Muslimah dengan sengaja tidak Berpuasa (Meninggalkan Puasa Ramadhan) maka ia akan berdosa dan sudah diwajibkan untuk mengganti Puasa Ramadhan tersebut di Lain Waktu.
  • Rukun Islam Kelima Berhaji ke Mekkah
Untuk Macam Rukun Islam Kelima atau Yang Terakhir ialah Pergi Haji ke Mekkah dan setidaknya sekali dalam Seumur Hidup bagi setiap Muslim dan Muslimah yang Mampu baik itu Mampu dalam kondisi Finansial (Keadaan Uang) dan Mampu dalam kondisi kesehatan yang lagi Sehat karena Pergi Haji itu membutuhkan Biaya yang cukup banyak dan diperlukan kondisi Fisik (Kesehatan) yang Sehat dan Fit.

Adapun untuk Syarat – Syarat Berhaji antara lain bagi setiap Muslim dan Muslimah yang ingin melaksanakan Haji di Kota Mekkah (Arab Saudi) antara lain Islam, Berakal Sehat, Baligh (Cukup Umur) dan Mampu. Itulah Pembahasan dan Penjelasan tentang 5 Macam Rukun Islam didalam Ajaran Islam, dan dibawah ini telah kami jelaskan pula 6 Macam Rukun Iman biar kalian bisa memahami secara lebih detail tentang 5 Rukun Islam dan 6 Rukun Iman yang ada di Ajaran Agama Islam.

SEMOGA ILMU YANG SEDIKIT INI MEMBAWA MANFAAT DAN MEMBAWA BERKAH 😄 AMIN...


- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan
EmoticonEmoticon