Powered By Blogger

6 Rukun Iman Beserta Penjelasan


Pengertian Rukun Iman didalam Ajaran Islam ialah Pilar – Pilar Keimanan (Kepercayaan) didalam Islam yang harus dimiliki oleh setiap Muslim dan Muslimah diseluruh Dunia. Untuk Rukun Iman sendiri terdiri dari 6 Macam Keimanan dan Enam Rukun Iman tersebut antara lain Iman Kepada Allah SWT, Yang Kedua Iman Kepada Para Malaikat – Malaikat, Yang Ketiga Iman Kepada Kitab – Kitab nya Allah SWT, Yang Keempat Iman kepada Rasul – Rasul (Nabi), Yang Kelima Iman Kepada Hari Akhir (Hari Kiamat) dan Yang Keenam Iman Kepada Qada dan Qadar.

  • Rukun Iman Pertama Iman Kepada Allah

Penjelasan Rukun Iman Pertama adalah Iman Kepada Allah, maksud dari Iman Kepada Allah adalah mengimani atau menyakini secara sadar di dalam hati adanya Allah SWT. Selain itu menyakini rububiah Allah, yang artinya bahwa tidak ada sesembahan (Tuhan) yang berhak untuk di sembah selain Allah SWT dan mengingkari semua sembahan (Tuhan) selain Allah SWT. Maksud dari Iman Kepada Allah yang selanjutnya ialah menyakini dan mempercayai semua al-Asma’ul Husna (Nama dan Sifat – Sifat Allah SWT) yang sudah di tetapkan untuk diri Nya serta Nabi Nya ditetapkan untuk Allah dan menjauhi sikap menghilangkan, memalingkan, mempertanyakan makna dan menyerupakan Allah SWT.

  • Rukun Iman Kedua Iman kepada malaikat Allah

Pembahasan Rukun Iman Kedua ialah Iman (Percaya) kepada Para Malaikat – Malaikat Allah SWT, dimana para Malaikat ini merupakan ciptaan Allah SWT yang dibuat dan diciptakan dari cahaya (Nur) yang selalu patuh dan taat kepada perintah Allah SWT. Didalam Ajaran Islam terdapat 10 Malaikat – Malaikat Allah SWT yang wajib di Imani oleh setiap Muslim dan Muslimah yang antara lain Malaikat Jibril, Malaikat Mikail, Malaikat Rakib, Malaikat Atib, Malaikat Mungkar, Malaikat Nakir, Malaikat Izrail, Malaikat Israfil, Malaikat Malik dan Malaikat Ridwan.

  • Rukun Iman Ketiga Iman Kepada Kitab Allah

Penjelasan tentang Macam Rukun Iman Ketiga ialah Iman Kepada Kitab – Kitab nya Allah SWT dan setiap Muslim harus mempercayai dan meyakini bahwa seluruh Kitab Allah merupakan ucapanya (Firman Allah). Sebab Seluruh Kitab – Kitab Allah SWT itu adalah Ucapan (Kalam) yang merupakan Sifat Allah SWT. Adapun terdapat 4 Kitab Suci (Kitab) Allah SWT yang antara lain Kitab Suci Taurat yang diwahyukan bagi Nabi Musa, Kitab Suci Zabur yang Diwahyukan kepada Nabi Daud, Kitab Suci Injil diwahyukan kepada Nabi Isa dan Kitab Suci Al Qur’an yang diwahyukan kepada Nabi Muhammad SAW.

  • Rukun Iman Keempat Iman Kepada Rasul Allah

Untuk Rukun Iman Keempat ialah Iman dan Percaya Kepada Rasul – Rasul (Nabi) Allah SWT. Pengertian dari Iman kepada Para Rasul (Nabi) Allah adalah semua Umat Muslim diseluruh dunia wajib untuk percaya dan mengimani bahwa ada Pria dari Kaum Manusia yang Allah SWT telah ciptakan dan pilih sebagai perantara diri Nya (Allah SWT) dengan makhluk-Nya. Akan tetapi Mereka (Rasul) semua tetaplah Seorang Manusia biasa yang tidak mempunyai Sifat – Sifat dan Hak – Hak Ketuhanan sehingga tidak boleh menyembah para Nabi (Rasul) karena hal tersebut merupakan kebatilan yang nyata.

  • Rukun Iman Kelima Iman Kepada Hari Akhir

Penjelasan Pilar Rukun Iman Kelima ialah Iman kepada Hari Kiamat (Hari Akhir) yang mempunyai pengertian bahwa semua yang terjadi di alam antara dunia dan akhirat berupa Fitnah Kubur (Nikmat atau Siksaan) dan menyakini (Mengimani) bahwa Tanda Tanda Kiamat itu ada dan akan ada terjadinya Hari Kebangkitan di Padang Mahsyar dan akan ada terjadinya Hisab yang nanti akan berakhir di Surga atau Neraka saat kita akan Meninggal Dunia.

  • Rukun Iman Keenam Iman Kepada Qada dan Qadar

Penjelasan tentang Rukun Iman Keenam dan Yang Terakhir adalah Iman kepada Qada dan Qadar (Takdir Baik dan Takdir Buruk) dan artian dari Iman kepada Qada dan Qadar itu adalah mempercayai dan menyakini bahwa semua Kejadian Baik dan Kejadian Buruk itu semua dari Allah SWT dan meyakini (Mengimani) bahwa segala yang telah terjadi, akan terjadi dan sedang terjadi di Alam Semesta (Bumi) ini atas kehendak dan ketentuan Allah SWT.

Mungkin hanya ini yang dapat disampaikan, Semoga ilmu yang sedikit ini membawa Berkah dan Manfaat. Amin Ya Rabbal Alamiin...


- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan
EmoticonEmoticon