Powered By Blogger

Perkara yang membatalkan Wudhu



Hal Yang Membatalkan Wudhu – Pengertian Wudhu menurut bahasa mempunyai artian Bersih dan Indah, sedangkan untuk menurut Syara mempunyai arti membersihkan bagian anggota tubuh untuk menghilangkan Hadats kecil sebelum anda mengerjakan Shalat (Shalat Wajib dan Sunnah) atau untuk keperluan lainnya seperti membaca Al Qur’an dll. Perlu di ingatkan kepada anda semua kaum Muslimin yg beriman bahwa Berwudhu merupakan kegiatan yg harus atau wajib untuk dilakukan oleh anda, sebelum anda mengerjakan Shalat karena Wudhu adalah Syarat Sah Shalat.

Wudhu jg amalan ringan yg cara kerjanya sangat simple tetapi mempunyai manfaat atau Keutamaan Wudhu yg sangat ajaib dan luar biasa karena Manfaat Berwudhu selain untuk menghapus dosa – dosa kecil, Berwudhu jg bisa mengangkat derajat dan kedudukan seseorang didalam Surga. Hal tersebut seperti Sabda Nabi Muhammad Saw yg diriwayatkan oleh HR Muslim 586 yang berbunyi,

” Maukah kalian aku tunjukkan tentang amalan yg dengan-nya Alloh menghapuskan dosa – dosa dan mengangkat derajat – derajat ? ” Lalu mereka (Sahabat) berkata, ”’ Mau, Wahai Rasullullah ” Kemudian Beliau Bersabda ”’ Amalan itu adalah menyempurnakan Wudhu di waktu yg tak menyenangkaan, Banyak-nya langkah menuju Masjid dan Menunggu Shalat Setelah Menunaikan Shalat (HR. Muslim 586 )”’.

Hal - hal yang membatalkan Wudhu antara lain :
1. Perkara Yang Membatalkan Wudhu pertama ialah keluar sesuatu dari qubul dan dubur seseorang misalnya buang air kecil maupun besar atau keluar Angin (Kentut) dan sebagai-nya.

2. Sesuatu Yang Membatalkan Wudhu Kedua Hilang akal sehat (Gila), Pingsan, Mabuk atau Tertidur nyenyak

3. Hal Yang Membatalkan Wudhu Ketiga ialah tersentuhnya kulit antara Laki – Laki dg Perempuan (Bukan Muhrim) dg tidak memakai penutup. Sedangkan untuk Pengertian Muhrim sendiri keluarga yg tidak boleh di nikah atau ayah, ibu, adik dan kakak.

4. Hal Yang Membatalkan Wudlu Keempat adalah Tersentuhnya Kemaluan baik Qubul atau Dubur dg tapak tangan atau jari – jarinya yg tidak memakai tutup walaupun itu kemaluanya sendiri.

Semoga Ilmu yang sedikit di blog sederhana ini berkah dan manfaat, Semoga yang membaca mendapatkan ilmu yang manfaat, dan semoga menjadi ahli Surga. Amin..


- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan
EmoticonEmoticon