Powered By Blogger

Sedikit Tips Agar Laptop Awet, Kuat, Dan Tahan Lama

Infoberkahmanfaat - Anda pasti memiliki perangkat laptop/notebook atau yang sejenis. Saya update sedikit mengenai bagaimana agar laptop awet, kuat, dan tahan lama. Nah langsung disimak saja di bawah, dan jangan lupa untuk menjaga diri sendiri. hehe
  • Gunakan Laptop Secara hati-hati 
Laptop merupakan perangkat yang sangat rapuh sehingga komponennya akan mudah rusak jika terjatuh, terbentur, dan lainnya. Beberapa komponen memang dapat diganti, namun jika yang mengalami kerusakan di Harddisk maka secara otomatis data yang Anda miliki juga akan hilang dan tentunya tidak bisa diganti. Komponen lainnya yang cukup ringkih adalah monitor. Jika monitor laptop mengalami kerusakan, maka tidak sedikit biaya yang harus dikeluarkan untuk memperbaiki atau menggantinya. Oleh karena itu, selalu berhati-hatilah ketika menggunakan laptop atau membawanya pergi agar tidak terjatuh, terbentur, atau bahkan tersiram cairan.
  • Bersihkan Laptop Secara Teratur 
Cara merawat laptop selanjutnya adalah dengan membersihkan komponennya secara berkala. Komponen yang wajib untuk selalu dibersihkan adalah fan atau kipas karena komponen tersebut merupakan tempat berkumpulnya debu dan kotoran. Jika debu tersebut sudah terlalu banyak, biasanya kipas tidak akan berfungsi dengan baik sehingga laptop Anda cepat panas dan sering mati secara tiba-tiba.
  • Perhatikan Indikator Battery sebelum mengisi (men-charge) Laptop/Notebook Anda. 
Jangan biarkan batere anda sampai habis total sebelum mengecharge ulang.. ketika indikator batere menunjukkan low batere,segera charge batere anda ( dengan cara colok ke power listrik dl baru ke laptop) dan jika indikator batere ud menunjukkan batere penuh 100% segera cabut kabel charge (dengan mencabut kabel yg terkoneksi kelaptop lebih dulu br yg ke power listrik) jangan terus menerus membiarkan batere dlm posisi sll dicharge walaupun sudah penuh untuk menghindari over charging. yg akan mengakibatkan batere menjadi cepat drop dan bocor.
  • Jangan Letakkan Laptop di Lantai
Banyak debu yang beterbangan yang memungkin akan masuk ke dalam laptop. serta jauhkan dari jangkauan dari anak kecil dan binatang peliharaan. Resiko terinjak akan sangat besar.
  • Hindari Makan dan Minum didekat Laptop
Buat yang suka ngemil, perhatikan hal ini ya. Termasuk saya sendiri, hehe. Hindarilah makan dan minum dekat laptop, karena cairan dan makanan atau minuman yang tidak sengaja bisa tumpah dan mengenai keyboard dan masuk ke komponen.
  • Jangan Meletakkan Handphone diatas Notebook maupun di atas keyboard Notebook
Lebih baik jauhkan Handphone dari Notebook Anda. Pengalaman membuktikan, Handphone sewaktu ada call atau saat menerima sms, mengeluarkan radiasi yang sangat besar sehingga akan merusak chips dalam Notebook yang terbukti sangat sensitif terhadap radiasi elektromagnetik. Akibat yang sering terjadi adalah kerusakan chips keyboard controller yang mengakibatkan beberapa angka/huruf tidak dapat keluar.
  • Jika Membawa Laptop/Notebook Di Tas Pastikan sudah dalam kondisi Shutdown
Apabila masih standby, dikhawatirkan Notebook tiba-tiba hidup sendiri karena terkadang ada perintah-perintah resident yang terlupakan sewaktu standby. Saat Notebook hidup kembali tetapi masih berada didalam tas, akan terjadi gangguan sirkulasi udara sehingga menjadi sangat panas bahkan chasingnya bisa meleleh. Kemungkinan lain, bila terjadi goncangan saat Notebook dalam keadaan hidup, harddisk dan data didalamnya akan rusak.
  • Jangan Gunakan Laptop di atas kasur.
Memang nyaman rasanya menggunakan laptop di atas kasur. Namun perlu diperhatikan, bahwa menggunakan laptop diatas kasur menyebabkan panas dari laptop tidak keluar sempurna sehingga laptop mengalami overheat.
  • Jangan Paksa Laptop untuk Menjalankan Aplikasi atau Game yang Berat
Jangan menjalankan aplikasi atau game berat di laptop kecuali laptop anda memiliki spesifikasi yang memenuhi spec yang sudah ditentukan app dan game tersebut. Karena app dan game berat dibuat untuk komputr. Jika kita memaksas untuk menggunakannya hal tersebut kerja processor, ram vga akan sangat berat dan membuat laptop cepat panas.
  • Uninstall Aplikasi
Uninstall/buang program yang tidak berguna di laptop atau netbook anda agar tidak memberatkan harddsik anda. Untuk uninstall program : Start -> Control Panel -> Program -> Uninstall Program.
  • Gunakan Alas Permukaan yang Datar
Hal ini sangat penting, saat laptop menyala otomatis piranti didalamnya akan berputar. Terlebih jika laptop dalam kondisi miring, dikhawatirkan piranti yang berputar dapat menggores komponen didekatnya. Hal tersebut sangat beresiko untuk laptop anda.
  • Jangan Gunakan Laptop Sampai Baterai Kosong Hingga 0%
Hal tersebut bakal memperpendek umur baterai laptop. Jadi jika laptop hampir benar benar low usahakan lekas charger kembali.

Mungkin itu saja tips yang saya berikan kepada anda, Semoga Info ini tetap Berkah dan Manfaat. Terimakasih atas Kunjungan Anda.  😃😃


- Dilarang meninggalkan link pada kolom komentar (kecuali diperlukan).
- Dimohon untuk tidak melakukan spam
- Berkomentarlah secara etis
- Mohon maaf apabila kami tidak sempat membalas komentar Anda
- Terimakasih atas komentar Anda yang relevan
EmoticonEmoticon